Wow, Rio Haryanto & David Kibarkan Merah Putih di Thailand
2019-05-13 06:28:35

mobilinanews (Buriram) - Duo pembalap Indonesia,  Rio Haryanto & David Tjiptobiantoro berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di sirkuit Chang International, Buriram, Thailand, Sabtu (11/5/2019).

Itu setelah pembalap tim T2 Motorsport ini menjadi juara 2 ajang balap Blancpain GT World Challenge Asia 2019 race 1 hari ini. 

Keberhasilan ini tentu tak lepas dari ubahan yang cukup banyak dilakukan pada mobil Ferrarinya untuk seri 2 di Thailand ini, mengingat performa kurang menggembirakan pada seri 1 di Sepang Malaysia. 

Momentum itu ketika terjadi pergantian pembalap dari David kepada Rio, yang beberapa saat kemudian berhasil overtake 3 pembalap di depannya. 

Sehingga menempatkan pembalap Indonesia itu berada di posisi 7 overall dan posisi dua di kelasnya, hingga balapan menembus garis finish. 

Jalannya Perlombaan

 T2 Motorsports memulai kegiatan pagi ini dengan mengikuti official practice pukul 09:00 WIB dan berlangsung selama 30 menit lamanya.

 Irmawan Poedjoadi selaku team principal mengaku cukup puas dengan hasil official practice yang didapatkan kedua pembalap asal Indonesia ini.

“Rio Haryanto dan David Tjiptobiantoro menunjukan perkembangan yang cukup signifikan, mereka menempati posisi ke-5 untuk sesi official practice," ujar Irmawan. 
 
Dua babak kualifikasi menjadi agenda selanjutnya T2 Motorsports. Sesi yang menentukan posisi grid ini dimulai pukul 12:02 WIB dengan David Tjiptobiantoro sebagai driver kualifikasi pertama dan Rio Haryanto untuk kualifikasi kedua. 

David Tjiptobiantoro mendapatkan posisi 14 yang akan digunakan untuk grid race-3 dan Rio Haryanto mendapatkan posisi 15 untuk grid race­- 4.
 
Race ke-3 (race 1 seri Thailand)  balap Blancpain GT World Challenge Asia 2019 di Chang International Circuit menjadi yang paling ditunggu-tunggu sekaligus penutup rangkaian acara hari ini.

 Dimulai pukul 15:30 WIB, cuaca yang awalnya diperkirakan akan turun hujan deras ternyata malah cukup terik.
 
David Tjiptobiantoro menjadi driver pertama  dengan memulai start  ke-14 secara keseluruhan dan  ke-6 di kelasnya.

 Pada 30 menit pertama, David berhasil naik urutan ke-10 secara keseluruhan sebelum switching driver dengan Rio Haryanto.
 
Setelah pergantian driver, Rio berhasil menyalip 3 mobil di depannya dan berhasil naik 3 peringkat ke urutan 7 overall dan ke-2 di kelasnya. Podium menanti duet Rio dan David. 

Irmawan pun girang dan tak lupq menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan seluruh rakyat Indonesia untuk tim T2 Motorsports.

 “Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang sudah mendukung T2 Motorsports, berkat doa dan dukungan rekan-rekan semua, dua pembalap kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto dan David Tjiptobiantoro dapat mengibarkan sang Merah Putih di Chang International Circuit, Thailand," ungkap Irmawan. 

"Kami mohon untuk terus didukung untuk mengharumkan nama  Indonesia untuk race besok hari Minggu. Semoga bisa kembali naik podium," mohon Irmawan.(bs)