Tips Berpetualang ke Luar Negeri Menggunakan Mobil Pribadi
2017-08-21 05:02:17

Cerita Teddy dan Yana, pasangan suami-istri asal Indonesia yang melintasi Eropa dengan mobilnya memang menarik. Namun bagaimana caranya agar bisa seperti mereka?

Banyak netizen yang terkagum dengan kehebatan suami istri ini yang sanggup menempuh ribuan kilometer dengan menggunakan jalur darat. Tidak sedikit pula yang ingin mencoba merasakan sensasi berkendara hingga ke benua biru.

Kepada kumparan (kumparan.com), Yana berbagi tips jika ada yang ingin berkendara ke luar negeri menggunakan mobil pribadi.

"Banyak yang harus dipersiapkan mulai dari yang paling umum visa, SIM internasional sampai paspor mobil," ujar Yana (15/8).

Paspor mobil atau paspor kendaraan adalah istilah untuk dokumen perizinan penerimaan kendaraan bermotor di suatu negara tertentu. Nama resminya adalah Carnet de Passages en Douane (CDP). Di Indonesia CDP dikeluarkan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI). CDP memiliki masa berlaku selama satu tahun. Setiap memasuki perbatasan negara CDP akan diberi stempel tanda izin masuk.

Tidak itu saja, menurut Yana untuk beberapa negara ada yang memiliki ketentuan tertentu. "Seperti di Thailand kita butuh driving permit (izin menyetir)," tambah Yana.

Yana juga menyarankan jika ada yang tertarik berkendara lintas negara dengan kendaraan pribadi, agar mencari tahu terlebih dahulu tentang peraturan negara yang akan dilewati.

"Untuk yang spesifik (aturan) di tiap negara kita juga lihat-lihat di forum-forum internet seperti reddit," tutur Yana.

Selain perizinan kendaraan, masalah visa juga menjadi salah satu yang terumit karena tiap negara memiliki peraturan yang berbeda.

"Visa ini mungkin jadi salah satu yang terumit, bila bingung jangan ragu untuk bertanya ke kedutaan besar masing-masing," lanjutnya.

Supaya tidak sulit saat perjalanan, Yana juga menyarankan agar segala sesuatu yang dibutuhkan dipersiapkan sejak jauh-jauh hari.

"Sebaiknya dipersiapkan sejak jauh hari dan di list seluruh kebutuhannya sejak awal," tutup Yana.

Pasangan suami istri ini menggunakan mobil SUV Toyota Fortuner. Mereka memulai perjalanan daratnya dari Singapura. Mobil terlebih dahulu diangkut dengan kapal lewat Pelabuhan Tanjung Priok dengan alasan mempercepat waktu. Setelah Singapura, mereka menuju Kamboja, lalu China, sampai perbatasan Rusia. Lalu perjalanan lanjut ke Eropa Utara, dari Finlandia, Norwegia, sampai Swedia.

Saat ini, keduanya sedang berada di Aachen, Jerman. Rencananya, mereka akan mengurus visa lalu pulang lewat Asia Tengah.

Jika tertarik mengikuti perjalanan Yana dan Teddy, mereka mengunggah foto-foto selama perjalanannya di akun Instagram @indoasiaeuro_bycar.

Sumber : kumparan.com