Tanggapan IMI Jabar Tentang Sirkuit Ridwal Kamil
2017-07-10 04:15:22

BANDUNG (DP) – Kabar menyenangkan bagi para pecinta balap di Indonesia berembus dari Bandung, pasalnya Ridwan Kamil yang menjabat sebagai Walikota Bandung di dalam akun Instagramnya mengumumkan akan membuat sirkuit.

Sirkuit yang bernama Bandung Lautan Api Circuit ini akan dibangun di daerah Gedebage, Bandung. Mendapatkan respon positif dari Ikatan Motor Indonesia Pengurus Provinsi Jawa Barat (IMI Pengprov Jabar).

Seperti yang ungkapkan oleh Frans Tanujaya sebagai ketua Harian IMI Jabar mengungkapkan, bahwa dengan adanya sirkuit di wilayah Bandung, tentu akan berdampak positif bagi perkembangan dunia balap di Jawa Barat.

“Sebagai contoh, selama ini para pelaku balap di Bandung kalau mau latihan di sirkuit permanen mereka harus pergi ke Subang. Nah, kalau ada di Bandung jadi tidak harus jauh-jauh. Selain itu, baik juga bagi pengembangan pebalap muda, karena semakin banyak sirkuit maka akan semakin banyak juga varian sirkuit yang bisa digunakan untuk berlatih,” ungkap Frans saat dihubungi Dapurpacu.com.

Mantan crosser nasional ini juga mengungkapkan dampak positif lainnya jika sirkuit ini memang benar-benar terwujud, akan menjadi ruang bagi generasi muda di Bandung yang mempunyai hobi otomotif, seperti meminimalisir aksi balap liar di wilayah Bandung.

Namun, Frans juga memberikan saran sebaiknya jika sirkuit tersebut dibangun tidak untuk penyelenggaraan MotoGP atau F1, karena memang harus memerlukan lahan yang besar. Ada baiknya sirkuit tersebut memiliki sifat multifungsi, sehingga sirkuit tersebut bisa digunakan oleh banyak cabang olah raga otomotif. Seperti kegiatan dragbike, road race, dragrace, slalom dan drift.

“Jika sudah seperti itu, maka ketika sirkuit tersebut sudah jadi. Tinggal pengelolaannya saja yang ditata dengan benar. Memang untuk sirkuit yang berada di dalam kota sepertinya cocok untuk sifatnya yang multifungsi. Sehingga banyak manfaatnya yang akan dirasakan bagi masyarakat,” terang Frans [dp/Hml]

Sumber : dapurpacu.com