Setiawan Santoso Ukir Namanya di Michelin Time Trial, Las Vegas
2018-05-17 04:10:25

mobilinanews (Las Vegas) – Sejatinya pembalap mobil ISSOM asal Surabaya, Johannes Setiawan Santoso ke Las Vages, Amrik, untuk bussines trip. Namun dasar punya hobi racing, nalurinya tak bisa lepas ketika mendengar ada kegiatan berbau balap di sana.

“Bukan kejuaraan sebenarnya sih. Ini catatan track lap time rekor di Exotics Racing Las Vegas. Puji Tuhan, ternyata lap time saya mumpuni untuk pecahkan rekor lap time yang ada selama ini. Nama saya tercatat paling atas di list online,” ujar Setiawan kepada mobilinanews.

Exotics Racing adalah tempat orang bisa sewa mobil sport atau exotics untuk dijalankan di trek khusus sepanjang  1,2 miles.

“Jadi di situ, siapa saja boleh datang dan membayar sewa mobil. Kalau timenya bagus akan masuk ranking pada yang boardnya dipasang. Yang datang gak keitung. (Di board tercatat Number of Result : 1709),” ungkap Setiawan.

Tercatat 20 pembalap tercepat namanya ada board. Dan nama pembalap dari Indonesia, Johanes Setiawan Santoso terpampang di urutan paling atas alias nomor 1. 

“Saya juga nggak ngerti, tahu-tahu selesai ikutin balap ini, dikasih selamat dan ditunjukkin lap time saya pecahkan rekor,” terangnya.

Setiawan mengaku, sebenarnya hanya main-main aja di trek tersebut. Jadi kayak yang catatan lap time di Nurburgring, Jerman yang telah diketahui sebelumya oleh pembalap yang awali karir motorsportnya di ajang sprint rally ini.

Meski panjang treknya hanya 1.2 mile, terbilang pendek tidak sampai 2 km, tapi sangat tecnichal termasuk ada tikungan yang beda elevasi.

Setiawan menerangkan, rekor waktu terbaik itu dibuatnya pada lap ke-4 dengan menggunakan mobil Porsche GT3RS.

Instruktur yang mendampinginya, bertugas ngasih tahu kapan ngerem, braking point hingga kapan beloknya.

“Kalau kita bisa bawanya, akan dipush untuk makin kencang. Kalau instruktur nyaman dengan kita, nyetirnya bisa pol-polan. Sampai geser-geser terus masuk keluar tikungan,” tutur Setiawan.

Kebetulan, tiap tahun pengusaha keramik ini main ke exotics sehingga beberapa instrukturnya sudah pada kenal.

Dari 1.709 nama yang pernah nyoba di Michelin Time Trial, tercatat beberapa nama pembalap seperti Roman Thievin, Fred Johais hingga Eli Tomac (pembalap motor terkenal).

Sampai kapan nama Johanes Setiawan bertahan di board Michelin Time Trial Las Vegas? “Tergantung  siapa yang bisa lebih cepat dari rekor yang saya buat di atas. Bisa cepat tergusur atau sebaliknya, hehe,” senyum Setiawan senang.

Sebuah prestasi lain dari seorang Setiawan, di luar sprint rally dan balap mobil Sentul. (budsan)