Sempat Bersiap Ke Swedia, Kanaka Gusasi Akhirnya Pilih Kejurnas Gokart di Sentul
2021-09-02 02:48:11

mobilinanews (Jakarta) – Selasa (31/8/2021) siang, Andre Gusasi ayahanda pegokart juara nasional kelas Mini 2019 Kanaka Azarel Gusasi sudah sempat ambil keputusan untuk segera meng-issued tiket ke Swedia. 

Iya, Andre Gusasi siap menjalankan plan B tersebut, yakni mengikuti putaran 3 FIA-CIK Karting Academy Trophy yang akan dilangsungkan di Swedia, 4-5 September atau barengan dengan penyelenggaraan putaran 4 Kejurnas Eshark Rok Cup Indonesia 2021 di Sentul International Karting Circuit (SIKC), Bogor. 

Pasalnya, hingga H-5 belum ada kepastian soal izin dari Satgas Covid-19 dan pemerintah daerah (Kabupaten Bogor) terkait penyelenggaraan Kejurnas Gokart Eshark Rok Cup. 

Andre sudah berdiskusi dengan tim, keluarga dan juga kepada Kanaka. “Jika Kejurnas Eshark Rok Cup jalan pada 4-5 September di sirkuit gokart Sentul, Kanaka akan lebih memilih ikut Kejurnas. Dan, tidak mengikuti FIA-CIK Karting Academy Trophy di Swedia,” ungkap Andre Gusasi kepada mobilinanews.

Salah satu alasannnya Kanaka ingin mengikuti 6 putaran Kejurnas secara komplit dan masih memiliki kans untuk menjadi juara nasional Junior (saat ini Kanaka sudah berlomba di kelas Junior) tahun ini.

"Serta intinya, Kanaka dan tim lebih mendukung kegiatan balap nasional. Apalagi dalam masa pandemi Covid-19 ini, tidak mudah bisa menyelenggarakan event balap," lanjutnya.

Kanaka pun ketika ditemui di paddock tim Shadaff Motorsport SIKC, Bogor, Kamis (26/8/2021) juga mengamini.

“Saya pilih ikut Kejurnas, Om. Soale saya masih optimistis pada 3 seri yang ada bisa tampil optimal dan berharap bisa mengejar juara nasional,” ujar Kanaka tersenyum optimis.

Namun kabar baik yang ditunggu-tunggu akhirnya datang. “Alhamdulillah, kejurnas gokart Eshark Rok Cup putaran 4 bisa running. Surat izin dari Pemda setempat sudah resmi keluar,” ungkap Eris Mahpud, Ketua Komisi Karting IMI Pusat.

Dengan kepastian tersebut, Andre pun urungkan niat berangkat ke Swedia. Ia kembali ke plan A, ikut Kejurnas. Tiket pesawat itu memang sengaja di-opened, yang bisa digunakan setiap saat sesuai kebutuhan.

Kanaka Gusasi sudah mengikuti 2 putaran FIA-CIK Karting Academy Trophy tahun ini di Wasserdorf Jerman (Juni 2021) dan Adria International Raceway Italia, 13-15 Agustus lalu.

Saat di Jerman, Kanaka sukses masuk Final dan finish ke-23. Namun di Adria International Raceway Italia yang merupakan salah satu sirkuit gokart sangat tehnikal, ia mengalami crash dan DNF.

Dan, 2 kali berlaga di ajang international dan dengan tingkat persaingan level dunia tersebut telah memberi bekal berharga bagi Kanaka Gusasi. (wan)