Rifat Sungkar, Sang Kreator Penggabungan Kejurnas Sprint Rally dan Speed Offroad 2017
2017-05-29 05:58:20

mobilinanews (Gading Serpong) - Selain promotor SMN yang dikomandani Hariono dan Genta Auto&Sport selaku Racing Committe (RC), ada satu tokoh yang menjadi kreator penggabungan Kejurnas Sprint Rally dan Speed Offroad di Paramount Land, Gading Serpong, Tangerang, pekan lalu, yaitu Rifat Sungkar.

Selaku Direktur Pertamax Motorsport, Rifat pula yang kali pertama memiliki ide menyatukan 2 event Kejurnas itu dengan maksud untuk efisiensi dan balapan lebih meriah.

"Komunitas sprint rally dan speed offroad kan sebetulnya kan hampir sama. Sebagian sprinter ya offroader, atau sebaliknya. Ada beberapa yang ikut keduanya seperti bang Ijeck, Subhan Aksa dan saya juga turun 2 kelas di Paramount Land," ujar Rifat kepada mobilinanews.

Atas dasar itu, Rifat yang juga Direktur Reli dan Sprint Rally IMI Pusat menyampaikan kepada SMN selaku promotor speed offroad. Gayung bersambut akhirnya 2 event bisa dilangsungkan di waktu dan tempat yang sama.

Demi pelaksanaan event yang lebih baik, disepakati RC oleh Genta Auto&Sport yang dipimpin Tjahyadi Gunawan, yang sudah teruji dan terbukti kapasitasnya selama ini. Tentu pihak Pertamax Motorsport memberikan kompensasi untuk hal tersebut.

Melihat animo dan kemeriahan kemarin, menurut Rifat, penggabungan 2 event ini akan berlanjut pada seri-seri berikutnya. 

"Insyaallah untuk seri berikutnya digabung lagi. Tentu dengan beberapa perbaikan.  Maklumlah, kalau event pertama ada sedikit kekurangan," sambung ayah 2 anak dan pereli internasional itu.

Meski beberapa peran dilakukan sekaligus oleh putra tokoh dan legenda otomotif Indonesia, Helmy Sungkar ini, baik sebagai promotor dan peserta. Program pengembangan bibit-bibit baru terus digencarkan.

Terbukti dengan direkrutnya bibit unggul seperti Yedi Soerjosoemarno di tim Pertamax Motorsport Sprint Rally. Menyusul debutan Buche Fabrico Adika dengan navigator Tania, yang langsung berhasil naik podium 2 kelas G2 dan G2.2 di Paramount.

Soal capek, nggak perlu ditanya lagi. Namun karena hal yang dilakukan merupakan passion pereli yang telah malang-melintang seantero dunia ini, rasa itu berubah menjadi keceriaan dan enjoy aja. 

Bravo buat Rifato dan Pertamax Motorsport ! (budsan)

Sumber : mobilinanews