Purbalingga Siap Gelar Kejurnas Motocross (MX) 2017, Sirkuit Tinggal Finising
2017-05-19 03:00:46

BalapMotor.Net – Ajang garuk tanah cakar langit, Kejurnas Motocross akan berlangsung pada akhir pekan ini (20-21 Mei). Kota Perwira Purbalingga sebagai tempat pelaksanaan akan menjadi saksi persaingan sengit crosser terbaik dari penjuru tanah air.  Pada seri kali ini merupakan putaran ke-4, setelah sebelumnya putaran pertama sampai ketiga sukses digelar di Yogyakarta, Banten dan Solo.

Lebih menarik, Kota Purbalingga selaku tempat penyelenggaraan adalah kali pertama mengadakan event skala Nasional (Kejurnas). Tentu menjadi sebuah tontonan yang sangat dinanti bagi Warga Purbalingga dan sekitarnya. Terlebih lagi ini ajang Motocross, dimana ajang balap yang menyajikan aksi menegangkan serta memacu adrenalin.

Kelas yang dilombakan sendiri akan lebih meriah dari pada seri sebelumnya. Rencana akan dibuka 13 kelas yang terdiri dari kelas kejurnas dan kelas supporting. Kelas kejurnas terdiri dari MX2, MX2 Junior, MX2 Novice, SE 85cc, SE 65cc dan SE 50cc. Sementara kelas supporting terdiri dari 65cc Novice, Ex-Pro, Executive A (40+), Executive B (35+), Grasstrack OMR KLX 150, Trabas (Non SE & Non Pembalap) dan Minimotto usia di bawah 12 tahun.

Sirkuit Baru Karang Sentul

Nah, mengenai Sirkuit yang akan menjadi medan pertempuran adalah sirkuit baru. Sebelumnya merupakan lahan persawahan milik Pemerintah Kab. Purbalingga seluas 6.5 hektar. Namun, kini Bupati menyediakan lahan tersebut untuk dijadikan Sirkuit Motocross permanen. Sirkuit baru ini terletak di Jl. MT Haryono, Karang Sentul ditengah Kota Purbalingga.

Pada hari Selasa (16/5), sirkuit terpantau sudah masuk ketahap finising. Lintasan sudah terbentuk dan tanah pun sudah keras. Tanggul lompatan juga sudah terbangun dengan kuat. Lebih istimewa, sepanjang sirkuit terdapat pagar pembatas dari tanah. Jadi bukan sebatas di tikungan saja, namun di jalan yang lurus juga terkelilingi oleh pembatas.

Oh ya, sedikit kekurangan dari lintasan terdapat pada R1. Tikungan pertama tersebut tanah masih becek lantaran luapan dari kali (sungai) kecil di sampingnya. Namun pengerjakan terus dilakukan dengan terus dilakukan pemadatan.

“Event akan tetap berjalan, sirkuit sudah beres dan siap digunakan. Ini sirkuit baru dengan lahan yang difasilitasi oleh Pemerintah Kab. Purbalingga.” Jelas Bung Pitox, dari Pangestu Motor Club (PMC) selaku promotor Kejurnas Motocros seri 4 ini.

Selain Lintasan, sarana lainya juga sudah siap untuk digunakan. Lahan untuk Paddock dan tempat parkir terlihat begitu luas dan rata. Juga faktor pendukung lainya, seperti tribun untuk penonton yang terus dikerjakan untuk kenyamanan masyarakat saat menyaksikan.

Bagi yang penasaran, nih sedikit bocoran tentang kondisi terkini Sirkuit Baru Karang Sentul Purbalingga. | @yugo.aol

Sumber : BalapMotor.Net