Perjuangan Heroik Rio SB : Start Ke-6, Sempat Terdepan dan Cetak Fastest Lap ITCR 1500
2021-09-29 08:30:49

mobilinanews (Bogor) - Pembalap andalan P-Five Racing Team, Rio Saputro Boedihardjo menjalani balapan yang heroik pada putaran 3 kejuaraan balap mobil ISSOM 2021 di Sentul International Circuit, Bogor, Minggu (26/9/2021).

Start dari posisi ke-6 kelas Kejurnas ITCR 1500cc, Rio harus berjuang ekstra keras untuk bisa melaju ke depan. Pasalnya. sejumlah pembalap andal berada di depannya diantaranya Avan Abdullah, Benny Santoso, Ferrel Fadhil, Raditya Mahendro hingga Fitra Eri.

Selain balap di ITCR 1500, Rio juga menyiapkan mobil pembalap lain di bengkel balapnya

Namun dengan skill dan pengalaman yang telah dimiliki, pelan tapi pasti pembalap serbabisa ini bisa overtake satu demi satu pembalap di depannya hingga berada di urutan ke-2 di belakang Fitra Eri.

Cukup lama putra mantan Kapolda Sulawesi Selatan, Irjenpol (P) Anang Boedihardjo itu berada di belakang Fitra Eri dengan jarak yang relatif rapat. Dan akhirnya, Rio Saputro sukses menyalip rival abadinya tersebut di beberapa lap jelang finish.

Hanya saja, dalam waktu tak begitu lama, Fitra berhasil kembali merebut posisi terdepannya, di sebuah tikungan hingga balapan berakhir.

P2 (juara kedua) tentu bukan prestasi sembarangan. Apalagi direngkuh melalui perjuangan luar biasa.

"Sepertinya ada masalah pada suspensi di bagian depan kiri mobil saya. Sehingga tidak bisa optimal ketika melibas tikungan. Sementara mobil Fitra tampak lebih stabil ditunjukkan dengan saat mengambil di tikungan," ungkap Rio Saputro kepada mobilinanews.

Rio Saputro (kiri), Fitra Eri dan Ferrel Fadhil di podium ITCR 1500

Persoalan pada mobil Honda Jazz berkelir dominan merah, striping kuning dan hitam di bagian depan serta sejajar pegangan pintu itu, menurut Rio Saputro menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan menghadapi putaran 4 ISSOM yang akan dihelat 3 pekan ke depan.

"Iya, itu bagian yang harus diberesin. Mudah-mudahan bisa mencapai hasil lebih baik," pungkas pemuda kalem yang juga mencetak fastest lap pada balapan ITCR 1500 dengan 1.55.212. 

Selain sebagai pembalap, Rio juga pemilik dan pengelola P-Five Tuning yang menyiapkan beberapa mobil pembalap lain yang tergabung di P-Five Racing Team dan sukses naik podium seperti Adrian Paruntu, Harry Wibowo dan Nanang HB.  

Dengan juara 2, Rio Saputro kini tetap bertengger di posisi kedua klasemen pembalap kelas ITCR 1500cc. Beda tipis dengan Fitra Eri sebagai pemimpin klasemen.       

Rio Saputro menjadi juara 1 pada putaran satu, juara 2 di putaran dua dan kembali kedua di putaran tiga. Kejurnas ITCR 1500 masih menyisakan 3 putaran lagi pada musim balap 2021. (bs)