Pembalap Wajib Gunakan HANS
2017-02-23 02:27:18
Wajib Gunakan HANS di Beberapa Group Utama Speed Offroad

 

RACING4.NET - 21 Februari 2017 - Jakarta - Walau penggunaan Helmet berhomologasi FIA masih disarankan, namun penggunaan Head And Neck Support (HANS) kini diwajibkan di beberapa kelas utama dengan spek mobil lebih khusus di ajang Speed Offroad Nasional mulai musim 2017.  Biasanya cantelan (clip-nya) perangkat HANS tersebut juga harus klop dengan Helmet bercap FIA.  Tentunya ini menjadi sepasang perangkat yang akan menjadi pemandangan baru di pertarungan offroad racing ke depan.  Tidak hanya gaya, namun juga sangat pantas dan patut digunakan di pertarungan cepat dan berbahaya khas speed offroad.

Sanksi penalty 5 detik jika saat melapor di TC diketahui tidak menggunakan HANS.  Group G1, G3.2, G4 dan G5 adalah yang terkena peraturan WAJIB GUNA HANS.  Namun dalam perjalanan SS demi SS nanti sebenarnya masih bisa disiasati dengan pola meminjam PEMILIK HANS lainnya.  Mengapa? Produk race safety yang satu ini cukup mahal dengan perbandingan nilai kurs dollar sekarang.  Kadang ada uang untuk membelinya pun menjadi sulit untuk membelinya di negeri ini. Tapi patut disyukuri juga langkanya HANS di negeri ini ternyata setelah dicek semua Sold Out terjual dan dibeli oleh semua pembalap yang peduli dengan keselamatan.

Beberapa tipe HANS bisa digunakan di speed offroad tergantung desain kokpitnya.  Beberapa tipe kokpit dan pola jok balap di grup neraka FFA malah lebih cocok gunakan HANS HYBRID.  Lebih pas dan nyaman dengan posisi dan sudut peletakkan jok balap dan posisi punggung atau leher driver atau navigator.  Dicoba saja,  dengan kocek 6 hingga 12 juta bisa mendapatkan berbagai jenis HANS.  Harga segitu murah lah, dibanding jika terjadi apa-apa dengan fisik kita.  Namanya juga balap, mahal sedikit ya tidak apa-apa.

Terima kasih kepada Bidang Olah Raga PP IMI yang telah mewajibkan HANS kali ini. Semua demi race safety dan tentunya balapan akan semakin nyaman dan menarik.

sumber: racing4.net