Pembalap Indonesia Akan Balap Sirkuit Le Mans Prancis Minggu ini
2017-05-19 03:15:35

www.motorplus-online.com | Sirkuit Le Mans Prancis yang jadi tempat digelarnya MotoGP minggu ini (21/5) akan ada pembalap Indonesia yang juga turun balap.

Andi Gilang akan balap Moto3 CEV Junior World Championship seri II di Le Mans. Andi Gilang turun di Moto3 CEV Junior World Championship jadi keduanya dengan membawa tim Astra Honda Racing Team.

Karir rider asal Sulawesi Selatan ini berawal di gelaran internasional lewat Asia Dream Cup, Asia Talent, dan setelah itu turun di Moto3 CEV Junior World Championship musim 2016. 

(BACA JUGA: Valentino Rossi Mulai Keluar Kritikan Pedas, Ban yang Jadi Penguasanya)

CEV Junior World Championship balapan yang menggunakan motor yang persis dengan Moto3 atau Moto2 dengan semua seri digelar di Eropa.

Sirkuit Le Mans bukanlah lintasan yang mudah bagi pebalap.

Dominasi tikungan membuat sirkuit ini berkarakteristik stop and go.

Banyaknya pengereman dan tuntutan akselerasi untuk cepat keluar dari tikungan membutuhkan setelan motor yang tepat dan sangat menguji konsentrasi serta fisik.

Selain itu Andi Gilang juga harus mewaspadai faktor perubahan cuaca yang biasa terjadi di Le Mans.

Di sirkuit ini, Andi Gilang akan berusaha mengulang kembali aksi terbaiknya untuk memberikan kebanggaan bagi bangsa Indonesia.

“Bagi saya, balapan ini istimewa. Saya bersemangat karena jadwal balapan berbarengan dengan kejuaraan dunia MotoGP. Saya juga senang akan balapan di sirkuit historis seperti Le Mans. Ini akan menjadi pengalaman yang positif. Seri ini juga akan penuh dengan tantangan, karena kami hanya punya dua sesi pada Jumat. Meski hanya ada sedikit waktu untuk beradaptasi dengan sirkuit, tapi saya akan berusaha untuk mencetak hasil terbaik akhir pekan ini,” ujar Andi Gilang.

CEV International Championship akan digelar sebanyak 8 seri untuk Moto3 Junior World Championship yang diikuti Andi Gilang dan 7 seri untuk Moto2 European Championship yang diikuti Dimas Ekky Pratama.

Seri pertama telah digelar di Albacete (30/4), dilanjutkan Le Mans (20/5) khusus kelas Moto3, Barcelona (18/6), Valencia (9/7), Estoril (23/7), Jerez (17/9), Aragon (8/10) dan Valencia (19/11). 

Sumber : www.motorplus-online.com