MOBIL STORY: Generasi SUV Chevrolet
2018-10-19 06:56:28

mobilinanews (Detroit) – Selama lebih dari 100 tahun, Chevrolet dikenal dengan kemampuan inovasi dan kepemimpinannya memimpin pasar otomotif melalui inovasi-inovasi terbarunya. 

Chevrolet hadir pertama kali dengan emblem bowtie. Diciptakan pertama kali tahun 1935, Chevrolet menegaskan keunggulan SUV –nya. 

Peran Chevrolet dalam mempopulerkan kendaraan SUV telah terbukti. Meskipun mobil perintisnya, Suburban telah berevolusi seiring perkembangan zaman.

Suburban menjadi model paling lama di industri otomotif ini yang masih diproduksi dan dijual, dengan Amerika Utara sebagai pasar utamanya. 

Chevrolet memulai memproduksi Trailblazer di tahun 2002, tetapi namanya diperkenalkan pertama kalinya di tahun 1999.

Trailblazer diposisikan sebagai versi trim kelas atas dari model SUV Chevrolet lain bernama Blazer atau S-10 Blazer, berdasarkan truk pikap S-10 dan diproduksi pada tahun 1982-2005. 

The Blazer telah memenangkan berbagai penghargaan, seperti Truck of the Year di tahun 1995 oleh Motor Trend dan bahkan terpilih sebagai 1995 Truck of the Year versi majalah Playboy.

Nama Blazer diawali dengan K5 Blazer, diperkenalkan pada tahun 1969 dan akhirnya digantikan dengan Chevrolet Tahoe di tahun 1995. 

Chevrolet K5 Blazer merupakan SUV ukuran terkecil dari keluarga kendaraan Chevrolet C/K, yang terkenal memiliki wheelbase lebih pendek dibandingkan dengan Suburban yang lebih panjang.

Sementara pada bagian atas dapat dilepas untuk membuatnya menjadi lebih konvertibel. Chevrolet K5 menggabungkan kemampuan off-road dengan fitur-fitur mewah saat itu, seperti AC dan transmisi otomatis. 

Di tahun 1970, penjualan Chevrolet K5 mampu melampaui para pesaingnya. Sejarah panjang dari generasi Chevrolet mampu membuktikan ketangguhan sebuah SUV pada eranya. (anto)