Lima Pegokart Indonesia Ikuti Ajang Balap Gokart Dunia di Portugal
2016-12-11 18:01:11

Lima pebalap gokart (karting) Indonesia akan berangkat ke ajang internasional World Rotax Max Challenge di Kartodromo de Algarve, Portimao, Portugal tanggal 8-14 November mendatang. Kelima pegokart Indonesia tersebut adalah Keanon Santoso, Silvano Christian, Nabil Hutasuhut, Ananda Julio Prost, dan Senna Sulaiman Noor.

Sebelum lolos untuk mendapatkan tiket ke Portugal, kelima pegokart itu juga telah melewati berbagai kompetisi sengit di Indonesia. Keanon dan Silvano merupakan jebolan Rotax Max Challenge (RMC) Indonesia. Keanon akan turun di Kelas Junior Max dan Silvano di Kelas Senior Max.

Sementara ketiga pegokart lainnya sebelumnya juga sudah menorehkan prestasi di Rotax Max Asia Challenge yang diselenggarakan sebanyak 6 seri di Malaysia. Ketiga pebalap tersebut berhasil menyapu bersih seluruh juara di setiap kategori yang dilombakan. Nabil dan Julio turun di Kelas Senior Max dan Senna di Kelas DD2.

“Ada 5 pebalap yang akan ke Portugal. Mereka akan berangkat pada 6 November mendatang. Julio, Senna, dan Nabil merupakan yang terbaik di Asia Max Challenge. Silvano dan Keanon juga berhasil jadi yang terbaik di Rotax Max Challenge Indonesia. Kami juga selalu disambut oleh Kedubes Indonesia di Portugal. Harapannya semoga kita bisa kibarkan bendera Merah Putih di Portugal,” ungkap Oke D. Junjunan, Ketua Penyelenggara RMC Indonesia.

“Ada 60 negara atau 288 pegokart yang mengikuti ajang ini, setiap pegokart sudah melalui proses seleksi ketat dinegaranya masing-masing dan pebalapnya yang dikirim pasti yang terbaik. Kompetisi akan dibagi 6 grup, pertama dicari 30 pebalap di grid, dan yang tidak masuk 30 pertama akan kembali diadu untuk diambil 6 pebalap lagi. Jadi total ada 36 pebalap yang masuk ke babak final,” sambung Oke saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (21/10).

Indonesia sendiri sudah beberapa kali menorehkan prestasi di ajang Grand Final Rotax Max Challenge. Antara lain Satya Sunarsa yang juara 1 Master Max Challenge tahun 2005 di Langkawi, Malaysia. Rama Danindro juara 2 Senior Max Challenge tahun 2005 di Langkawi, Malaysia. Dan Rio Haryanto juara 4 Senior Max Challenge tahun 2008 di La Conca, Italia.

Pelepasan wakil Indonesia ke Portugal ini juga disaksikan langsung oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI), Nanan Soekarna.