Inilah Kejuaraan Motocross Internasional Bernuansa Budaya Sambas, Kalbar
2017-07-10 07:51:35

mobilinanews (Sambas) - Suku Sambas atau Melayu Sambas adalah suku asli Kalimantan yang menempati sebagian besar wilayah Kabupaten Sambas, Bengkayang, Mempawah dan Kota Singkawang di Kalimantan Barat. Sebagian kecil lagi ada di Provinsi Kepulauan Riau dan Sarawak, Malaysia. Budaya Sambas inilah yang dikenalkan dalam ajang Festival Gemilang Wonderful Indonesia 2017.

Selama dua hari, Sabtu-Minggu (8-9/7), Kebudayaan Melayu Sambas yang berawal sejak berdirinya Kesultanan Sambas diperkenalkan kepada peserta Kejurda Seri I Grasstrack & Motocross International. Crosser yang berdatangan dari Negeri Jiran Malaysia dan Brunei Darussalam pun menjadi kagum.

"Sambas itu kaya dengan budaya lokal. Kita ingin kenalkan kepada para tamu dari negara tetangga," sebut H. Subhan Nur, tokoh masyarakat setempat yang menjadi Ketua Penyelenggara. Kebetulan Subhan duduk sebagai Anggota DPRD Kalimantan Barat.


"Suku Sambas itu populasinya sekitar 700 ribu orang. Kami tampilkan budaya lokal dalam seremoni pembukaan. Selama ini belum banyak campur tangan pemerintah. Mari kita sinergikan agar matching dengan program dan kalender pariwisata," ujar Subhan.

Tentu saja kegiatan ini disambut baik H Atbah Romin Suhaili, Bupati Sambas dan Kartius, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat. Karena ini ajang prestasi olahraga, pihak KONI dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) pun terlibat. Yuliansyah, Ketua Pengprov IMI Kalbar nampak hadir di sirkuit.

Event garapan IMI dan Tangaran Racing Club ini digelar di Sijang Accord Racing Circuit yang berlokasi di Jalan Raya Aruk, Border KM40, Desa Sijang, Kecamatan Galing, Kabupaten Sambas. "Tercatat sebanyak 164 peserta yang tergabung dalam 297 starter tampil dalam 6 kelas Kejurda Grasstrack, 8 kelas tambahan dan 3 kelas motocross," tutur Erwan dari Tangaran Racing Club.

Tak salah bila disambut antusias masyarakat setempat. Buktinya puluhan ribu pasang mata menjadi penonton. "Terima kasih kepada instansi terkait yang ikut mensukseskan acara," pungkas Yuliansyah, Ketua Pengprov IMI Kalbar yang puas dengan lancarnya event. (Bangve)

Sumber : mobilinanews