Eshark Rok Cup 2021 : Pegokart Aditya Wibowo Patahkan Dominasi Daffa AB
2021-09-06 01:55:17

mobilinanews (Sentul) - Pegokart Aditya Wibowo tampil ciamik dan menjuarai kelas Junior Rok putaran 4 Kejurnas Gokart Eshark Rok Cup 2021 di Sentul International Karting Circuit (SIKC), Bogor, Minggu (5/9/2021).

Pembalap kelahiran Tanjungpinang, Kepulauan Riau, 30 Juli 2009 ini mendominasi sejak sesi Prefinal, di mana Adit - begitu sapaan akrabnya - berhasil menjadi yang tercepat dan mengantarnya menempati pole position (start terdepan sesi final).

Start kelas Junior Rok pun berlangsung penuh drama. Adit berhasil lolos melewati tikungan pertama dengan mulus, diikuti Daffa AB di urutan kedua. 

Namun di kelompok berikutnya, terjadi insiden dari gokart Michael Orlando yang slide saat hendak masuk tikungan pertama dari sisi dalam, ekor gokartnya menghantam gokart Malik Bintang Alisyahbana dan Kanaka Gusasi yang mencoba mengambil dari sisi luar.

Aditya Wibowo (tengah) di podium kelas Junior, Daffa AB (kiri) dan M Kaenan Rito Sini

Kedua gokart itu melintir dan out ke rumput, serta Bintang bisa segera mendorong gokartnya ke lintasan dengan usaha kerasnya.

Namun nahas bagi Kanaka, yang meski berusaha keras mendorong gokartnya ke lintasan membutuhkan waktu cukup lama. Sehingga ketika masuk kembali ke sirkuit, sudah ketinggalan 1 putaran dari pegokart lainnya. 

Kembali ke Adit, pelajar kelas 1 SMP Al-Azhar Pusat. Juara kelas Mini Rok Final Asian Karting Open Championship (AKOC) di Macau, (8/12/2019) ini terus memacu gokartnya di urutan paling depan, diikuti Daffa AB (P-Five Racing) di posisi kedua dan M Kaenan Rezka Rito Sini di posisi ketiga.

Sedangkan di urutan 4 Michael Orlando, Malik Bintang ke-5 serta Kanaka Gusasi ke-6 dengan posisi agak tercecer ke belakang.

Memasuki 2/3 balapan dari total 20 putaran, Daffa AB semakin mendekati Adit. Bahkan beberapa kali dalam posisi hendak diovertaking Daffa, namun Adit dengan tangguh berhasil mempertahankan posisi terdepan, dengan disiplin menjaga racing line.

Putra sulung pengusaha dan pembalap serbabisa Andy Wibowo itu menyudahi balapan sebagai juara 1, diikuti Daffa dengan jarak relatif rapat di posisi kedua dan M Kaenan Rito Sini sebagai juara ketiga.

Dari kiri Aditya Wibowo, Calvin Wibowo, Qarrar Firhand dan Kimi Rae Fitriansyah

"Saya sebenarnya balap biasa saja. Bahkan di sepanjang balapan, saya tak berusaha secara ketat menutup Daffa di racing line. Baru di laps terakhir saya berusaha mempertahankan keunggulan dengan menguasai dan menjaga racing line," ujar Daffa usai balapan.  

Andy Wibowo, sang ayah yang menyaksikan dari gedung utama SIKC di lantai 3, hanya tersenyum simpul atas kemenangan Adit. Tidak ada ekspresi berlebihan. 

"Ya, mungkin ilmu dari hampir setahun (Adit berlatih dan mengikuti event gokart) di Italia. Juga karena kemauan kuat Adit untuk menang dan menjadi juara," ungkap Andy Wibowo.

Bahkan keikutsertaan ke Kejurnas Eshark Rok Cup 2021 ini menurut Andy Wibowo, juga dari inisiatif Adit. "Ikut Eshark Rok ini juga Adit yang mau. Makanya baru dari round 3 dia ikutan," terangnya.

Kemenangan Adit kali ini, berhasil mematahkan dominasi Daffa AB yang pada 3 putaran yang telah dilangsungkan selalu menjadi juara 1. (bs)