Dorong Olahraga Terus Berkembang
2017-04-06 02:50:15
Kegiatan seperti ini perlu dijadikan wadah kaum muda untuk mengaktualisasikan jati diri di tempat yang benar

MetroSiantar.com, SIANTAR – Slalom Test 2017 yang diselenggarakan Universitas Simalungun (USI) bekerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI), berjalan sukses, Minggu (2/4) di depan kantorWalikota, Jalan Merdeka, Siantar Barat.

Even olahraga ini dibuka langsung Pelaksanaan Harian (Plh) Walikota Pematangsiantar Hefriansyah didampingi Kapolres AKBP Dodi Darjanto, Rektor USI Prof Dr Marihot Manullang, Direktur Pascasarjana USI Dr Robert Siregar, Pembina Yayasan USI Dr Polentyno Girsang, Sekretaris Pengurus Yayasan USI Elviera Damanik, serta Jayadi Sagala dari KONI Pematangsiantar.

Prof Dr Marihot Manullang dalam sambutanya, menyampaikan rasa terimakasih kepada Pemerintah Kota (Pemko) dan Polres Pematangsiantar atas dukungannya terhadap even itu. Sebagai salah satu perguruan tinggi yang terkemuka di Kota Pematangsiantar, pihaknya ingin mengambil peran memajukan olahraga dari berbagai cabang, termasuk olahraga otomotif. Dan Slalom Test merupakan ajang yang relatif paling murah dari segi biaya dan tidak membutuhkan lahan terlalu luas, sehingga tepat untuk dikembangkan di Pematangsiantar. “Semoga kedepan ini bisa berkesinambungan,” terangnya.

Menurut Rektor, kegiatan seperti ini perlu dijadikan wadah kaum muda untuk mengaktualisasikan jati diri di tempat yang benar, dibanding kebut-kebutan di jalan raya. Mereka berharap akan muncul peslalom berprestasi dari Kota Siantar dan Kabupaten Simalungun yang nantinya dapat diperhitungkan di tingkat nasional. Event itu juga mendapat dukungan dari Kadispora Sumut H Baharuddin Siagian SH MSi, serta berbagai instansi dan perusahaan yang berdomisili di Pematangsiantar.

“Event Slalom Test lebih menitikberatkan keterampilan dan ketangkasan mengemudikan mobil. Cukup mengandalkan mobil standar, seorang peslalom sudah dapat bersaing memperebutkan kejuaraan di kelasnya,” ucapnya dengan meminta seluruh peserta bermain sportif.

Plh Walikota sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar Universitas Simalungun ini. Selain memperebutkan trofi Gubernur Sumatera Utara, event ini juga memperebutkan total hadiah Rp20 juta yang terbagi dalam beberapa kategori, baik mobil maupun kelas jenis motor. “Sejak saya SD sampai sekarang, jarang saya melihat kegiatan slalom test seperti ini. Terakhir saya pernah menonton acara seperti ini sewaktu tamat SD mau beranjak ke SMP. Jadi sudah cukup lama kita tak melihat kegiatan seperti ini. Terimakasih kepada Universitas Simalungun yang berkenan memprakarsai kegiatan ini. Semoga berbagai event olahraga lainnya, juga bisa kita kembangkan di hari-hari mendatang,” katanya seraya memtiovasi para peserta untuk bertanding secara sportif dan terus mengembangkan potensinya.

Sementara itu Kapolres Pematangsiantar Dodi Darjanto mengharapkan agar Pemko bisa memfasilitasi anak-anak muda penggemar olahraga otomotif. Apalagi, di Kota Pematangsiantar, banyak penggemar motor yang kerap menggunakan badan jalan untuk berlomba secara ilegal. Padahal kegiatan ilegal di jalan raya ini, sangat berbahaya, baik bagi mereka maupun pengguna jalan lainnya. “Saya melihat ada tempat di sekitar Terminal Tanjung Pinggir yang belum difungsikan. Itu bisa digunakan untuk mereka penggemar olahraga otomotif, ketimbang balapan di jalanan,” tandasnya.

Ketua Lomba (Racing Committee), Rolando Sihombing ST Meng, didampingi tim koordinantor keamanan Pawer D Panjaitan SE MSi menjelaskan, kejuaraan ini memperlombakan  tujuh kelas, yakni A1 (GR Depan 0-1400cc), A2 (GR Depan 1401-1600cc), B3 (GR Belakang 0-1600cc), F (modifikasi). Untuk menampung aspirasi mahasiswa USI, mereka secara khusus membuka kelas eksibisi khusus sepedamotor Suzuki GSX-R 150 yang dibatasi untuk 40  peserta. Kegiatan ini

Termasuk untuk mempromosikan nama USI semakin bersinar di Siantar-Simalungun, di Sumatera Utara dan nasional.  “Peserta untuk mobil ada 51 orang. Mereka berasal dari Bogor, Jakarta, Yogjakarta, Medan dan Kota Siantar. Peserta dari Siantar merupakan mahasiswa USI dari fakultas hukum antara lain, Andre, Kristian Daneil Hermes, dan Frenli. Itu untuk mobil. Sedangkan peserta sepedamotor berasal dari Medan dan Siantar. Ada juga mahasiswa USI fakultas Teknik,” katanya.

Sportifitas para pemain cukup baik dan diharapkan kedepannya ajang ini mampu memuncul bibit yang bisa dipertandingkan di tingkat nasional dan internasional. Namun dukungan pemerintah daerah dibutuhkan. “Semoga even ini bisa dilaksanakan dua kali setahun. Tujuanya, agar bakat-bakat anak muda yang menggeluti dunia otomotof bisa terfasilitasi dan tersalurkan.  Sarana dan prasarana ini juga salah satu jawaban untuk mencegah balapan yang ilegal. Untuk pemenang utama Rivaldi yang datang dari Bogor,” katanya.(pam/ms)

Sumber : MetroSiantar.com