Audiensi Bersama DPRD, IMI Kalbar Inginkan Sirkuit Balap di Kota Pontianak
2017-08-01 03:56:16

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sejumlah pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalbar mendatangi kantor DPRD Kalbar guna melakukan audiensi mengenai program dan hal yang diinginkan tercapai dalam masa bakti pengurus kedepan.

Dalam audiensi tersebut, IMI Kalbar disambut langsung oleh anggota Komisi V DPRD Kalbar yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi V dari fraksi PPP, Mad Nawir.

Ketua IMI Kalbar, Yuliansyah menuturkan, kedatangan dirinya bersama sejumlah anggota pengurus di DPRD Kalbar melakukan audiensi dengan Komisi V, dan memaparkan visi misi Kalbar serta kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan dalam beberapa bulan ini.

"Jadi yang kita paparkan, keinginan IMI Kalbar berharap dari pihak DPRD siap memberikan lahan atau sirkuit untuk acuan para pembalap di Kalbar," katanya, Senin (31/7/2017) ditemui usai audiensi di gedung DPRD Kalbar Jalan Ahmad Yani Pontianak.

Pembangunan tersebut, menurutnya didasari karena Kota Pontianak belum ada sirkuit yang layak untuk dipergunakan, dan juga menghindari para pebalap liar, terlebih tahun 2017, kata dia, merupakan tahun keselamatan yang adalah suatu kegiatan dari pemerintah dan kepolisian.

"Jadi mudah-mudahan dengan fasilitas yang akan diberikan pemerintah, dapat terlaksana," tuturnya.

Selain itu, kata dia, Kalbar juga masih sedikit sirkuit yang layak dipergunakan bagi pembalap motor.

Hal tersebut pula menyebabkan IMI Kalbar mengusulkan dapat terwujud sirkuit bertaraf nasional bahkan internasional.

Dalam program jangka pendek yang telah disusun Pengprov IMI Kalbar, dan ditawarkan pada anggota dewan, menurutnya, rancangan anggaran terdiri dari beberapa item.

Item tersebut diantaranya pemeliharaan fasilitas jalan di Stadion SSA sebesar Rp 1.625.520.000, pengadaan timing system Rp 1.375.000.000, pembuatan site plan sirkuit balap motor atau mobil Rp150.000.000 dengan totalnya Rp 3.150.520.000.

"Kedepan di area ini juga akan ada sirkuit gokart. Mudah-mudahan dengan adanya gokart, bisa menambah hiburan di Kota Pontianak," ujarnya.

Sementara itu, Komisi V DPRD Kalbar, menyambut baik aspirasi yang disampaikan Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalbar.

"Jangka pendeknya, mereka akan memperbaiki sirkuit balap motor yang ada di Stadion Sultan Syarif Abdurrahman (SSA)," ujarnya.

Mad Nawir mengungkapkan, bahwa usulan ini akan sulit dimasukkan dalam pembahasan anggaran perubahan, namun kata dia, akan tetap diperjuangkan.

"Tapi akan kita perjuangkan di APBD murni. Kami dari DPRDProvinsi khususnya di Komisi V, mendukung sekali usulan ini. Karena (ketersedian sirkuit) ini sangat mendesak sekali. (Apalagi) mereka (IMI) punya event-event yang sangat luar biasa sekali," terangnya.

Di samping usulan untuk mengadakan sirkuit yang layak, menurutnya pula, jika dapat direalisasikan maka akan berdampak baik pada sektor lainnya.

"Di luar even-even itu, mereka juga akan meningkatkan pariwisata, juga akan menggerakkan perekonomian kita," kata Mad Nawir.

Ia menuturkan, audensi ini tidak hanya selesai pada hari itu pula, tapi akan diseriusi dengan melakukan pertemuan dengan anggota Komisi V lainnya dan sejumlah pihak terkait.

"Termasuk instansi pemerintah sepeti Dimas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata serta Dinas PU," pungkasnya.

Sumber : TRIBUNPONTIANAK.CO.ID