Anggi Latihan Gokart Dan MiniGP
2017-05-17 02:32:10

SPORTKU.COM | Berbagai aktivitas balap terus dilakukan oleh Anggi Setiawan di Italia dalam program Yamaha VR46 Riders Academy The Master Camp 3.

Setelah menjalani flat-track bersama Marco Belli, Anggi melakukan latihan balap dengan MiniGP. Bersama kelima pebalap lainnya, yaitu Peerapong Boonlert (Thailand), Shota Ite (Jepang), Muhammad Akid bin Aziz (Malaysia), Brandon Demmery (Australia) dan Tomas Casas (Kanada).

Diawasi langsung oleh murid Valentino Rossi, Francesco Bagnaia, akrab dipanggil Pecco yang kini membalap di Moto2. Anggi bersama para pebalap lainnya latihan balap MiniGP di Sirkuit Misano, Italia, (11/5) lalu. Pecco dari tim Sky VR46 lebih dulu memberikan penjelasan tentang layout sirkuit, cara melakukan perpindahan gigi perseneling dan penggunaannya saat masuk dan keluar tikungan.

Dalam sesi ini, Anggi meraih podium runner-up dengan catatan waktu terbaik 40,6detik. Pecco sendiri memiliki best time 40,3detik dengan panjang lintasan 890meter. Adapun motor yang diaplikasi untuk MiniGP memiliki mesin 2tak dengan kapasitas silinder 80cc, 6 percepatan. Tenaga puncaknya 17-18 hp dengan top speed mencapai 170 km/jam.

“Saya sudah sering menggunakan mesin 2tak. Namun untuk MiniGP ini baru pertama kali. Ini baik sekali untuk peningkatan teknik balap saya, juga senang mendapatkan kesempatan demikian dan mendapatkan medali yang pertama bagi saya," tutur Anggi, pebalap dari Palu, Sulawesi Tengah, berusia 18 tahun.

Setelah latihan skill dengan MiniGP, Anggi bersama para pebalap lainnya lanjut dengan balap gokart yang disediakan oleh pihak Birel-Art dan TM Racing. Keenam pebalap dikawal langsung oleh Matteo Valloni sebagai instruktur yang juga murid Rossi.

“Ini pengalaman pertama saya di gokart. Saya mendapatkan seragam khusus dengan tambahan nama saya. Desainnya seperti driver Formula One (F1). Latihan gokart ini bertujuan untuk kendali setir yang akan berpengaruh lebih baik dalam menggunakan badan bagian atas dan tangan,," pungkas Anggi yang ditemani Wahyu Rusmayadi, Manajer Tim Yamaha Racing Indonesia (YRI).

Sumber : SPORTKU.COM