Alvin dan Avila Bahar, Pembalap Bapak Anak di Tim Pabrikan
2021-04-06 07:05:16

mobilinanews (Jakarta) - Bapak dan anak jadi pembalap pada waktu bersamaan itu biasa dan ada banyak, baik di Indonesia maupun luar negeri.

Namun Alvin Bahar dan putra sulungnya Avila Bahar (19 tahun) agak berbeda dengan pembalap bapak anak pada umumnya.

"Karena mungkin yang membedakan, saya dan Avila di satu tim yakni Honda Racing Indonesia, merupakan tim pabrikan, sama-sama direkrut sebagai profesional karena prestasi. Bukan karena KKN," ujar Alvin Bahar kepada mobilinanews.

Sebelum direkrut HRI, Avila adalah juara nasional ITCR Max 1600 Rising Star pada 2019.

Prestasi terbaru pembalap bapak anak ini adalah menjadi juara di dua kelas paling bergengsi Kejurnas halap mobil ISSOM putaran 1 di Sentul International Circuit, Bogor, 28 Maret lalu.

Alvin menjuarai kelas ITCR Max, sedangkan Avila menguasai kelas ITCR 1500. Tidak hanya itu, keduanya juga mencetak waktu tercepat QTT dan Superpole pada hari Sabtu.

"Sebenarnya, Avila turun ITCR 1500 di kategori Seeded B. Target awalnya menjuarai ITCR 1500 Seeded B. Tapi dengan kemenangan pada putaran 1 ISSOM kemarin di overall, artinya tidak perlu disampaikan lagi target untuk Avila, karena seluruh pembalap termasuk dia pasti kepingin menjadi juara dan tahu mesti melakukan apa untuk itu," senyum Alvin yang sekaligus manajer Avila.

Direktur Honda Racing Indonesia itu merasa happy karena sebelumnya berpikir yang penting bisa juara Seeded B saja sudah bagus. "Ternyata, dia bisa mengalahkan Rio SB dan Fitra Eri merupakan pembalap Seeded A," lanjut Alvin.

Bagaimana untuk memenuhi keinginan Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT. Honda Prospect Motor sebagai sponsor utama HRI, Avila bisa mempertahankan dan melanjutkan tren positif pada putaran-putaran ISSOM 2021?

"Kebetulan Avila itu anak saya. Tiap hari bertemu. Jadi bagaimana cara menyemangati atau mengerem dia, saya sudah tahu. Dan, menunggu putaran ISSOM berikutnya yang hampir 3 bulan ke depan, selain berlatih di sirkuit Sentul, dia juga ikut balap digital. Kebetulan dia juga ada tim. Balap digital, membantu progress maupun improve Avila," pungkas Alvin. (bs)