76 Trial Game Asphalt, Era Baru Trail Modern Siap Digelar Berseri di Indonesia
2017-04-21 02:30:59

mobilinanews (Jakarta) – Belakangan, balap trail di Indonesia semakin marak. Namun kita terbilang ketinggalan dibanding negara lain. Memang sempat ada gelaran FIM Asia Supermoto di Malang beberapa waktu lalu. Juga kembalinya MXGP ke Pangkalpinang, Babel, awal Maret lalu.

Dengan bekal itu, dalam beberapa hitungan hari ke depan, akan digulirkan event dengan label 76 Trial Game Asphalt di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, 20-21 April 2017.

“Dilihat dari namanya berarti balap motor trail yang diadakan di lintasan aspal. Namun sejatinya, 76 Trial Game Asphalt adalah kombinasi antara trial game dan supermoto. Atau bisa juga disebut sebagai supermoto modern,” ujar Mario CSP, perwakilan dari Djarum 76 pada preskon di Senayan City, Jaksel, Selasa (18/4).

Beberapa regulasi dan peraturan lomba pada 76 Trial Game Asphalt ini mengadopsi dari regulasi supermoto. Artinya, baik spesifikasi kendaraan, kelas yang dipertandingkan dan tata cara perlombaan menyerupai supermoto. Namun memiliki tantangan yang berbeda.

Pada kejuaraan yang rencananya akan diselenggarakan sebanyak 3 seri dan 1 special series ini akan diadakan di lintasan aspal yang di dalamnya akan ada 2 jumpingan.

“Namun nantinya akan ada 2 versi dalam satu lintasan, yakni jumpingan untuk pebalap dengan basic motocross dan handicap khusus untuk pebalap dengan latar belakang balap motor,” ujar Tjahyadi Gunawan, promotor Genta Auto & Sport.

Kalau kenapa memilih lintasan aspal, menurut Gunawan, selain untuk mengantisipasi hujan. Juga dirasa sulit menemukan lintasan yang lengkap aspal sekaligus tanah.

“Balapan akan digelar malam hari. Alasannya, penonton akan merasa lebih nyaman duduk di tribun, adem dan bisa menikmati. Kami tak sekadar menggelar event balap semata, juga sebisa mungkin selalu kami suguhkan unsur entertainment berupa musik atau DJ performance,” pungkas Gunawan. (budsan)

Jadwal 76 Trial Game Asphalt  2017
Special Race        20-21    April          Solo              Stadion Manahan
Seri 1                  25-26 Agustus        Malang         Stadion Kanjuruhan
Seri 2                  20-21 Oktober       Yogyakarta    Mandala Krida
Seri 3                  24-25 November    Purwokerto   GOR Satria.

Sumber : mobilinanews